Welcome to Ma Blog !!

Seorang anak manusia yang bercita-cita menjadi seorang komposer dan penulis, punya banyak keinginan, punya dua adik yang menjadi inspirator setelah kedua orangtua, inginkan ibunda tercinta ke tanah suci dan semoga bertemu ayah disana, sering menulis lagu dari inspirator lainnya, mengkomposisi musik dan menulis cerita, suka sepak bola,kegagalan selalu jadi teman terbaiknya dan suatu waktu akan menjadi musuh dalam hidupnya :) Selamat datang kawan :D

Istilah Istilah dalam Linux



ü  APM, Advance Power Management, fasilitas yang digunakan BIOS untuk membawa sistem ke mode stanby setelah mesin tidak aktif beberapa waktu.
ü  ASCII, American Standard Code for Information Interchange, Kode standard yang digunakan untuk mengatur karakter, termasuk mengontrol karakter pada komputer.
ü  BSD, Barkeley Software Distribution, suatu variasi dari UNIX OS yang dikembangkan oleh Bagian Komputer Universitas Barkeley. BSD ini dikenal memiliki kemampuan teknikal yang lebih baik dan memiliki inovasi-inovasi di dunia perkomputeran secara umum dan Unix secara khusus.
ü  CHAP, Challenge-Handshake Authentication Protocol, yaitu protokol yang digunakan ISP untuk membuktikan klien mereka sah atau tidak.
ü  CIFS, Common Internet FileSystem, pendahulu dari file sistem SMB, digunakan pada sistem DOS.
ü  DHCP, Dynamic Host Configuration Potocol, protokol yang di desain untuk mesin jaringan lokal agar secara dinamis mendapatkan sebuah alamat IP dari server DHCP.
ü  DMA, Direct Memory Access, fasilitas yang digunakan pada arsitektur PC dengan mengizinkan periferal untuk membaca adan menulis dari memory utama tanpa bantuan CPU. Periferal PCI menggunakan bus mastering dan tidak membutuhkan DMA. DMA bermanfaat untuk mengurangi beban CPU sehingga suatu proses dapat diselesaikan dengan lebih cepat.
ü  DNS, Domain Name System, digunakan dalam internet. Mekanisme ini memetakan nama domain ke sebuah alamat IP, sehingga kita dapat melihat suatu site dengan nama domain tanpa mengetahui alamat IP dari site itu.
ü  DPMS, Display Power Management System, yaitu protokol yang digunakan oleh monitor-monitor modern untuk mengatur fasilitas penghematan  energi. Monitor yang mendukung fasilitas ini umumnya disebut "green monitor".
ü  ELF, Executable and Lingking Format, ini adalah format biner yang digunakan oleh distribusi-distribusi GNU/Linux sekarang ini.
ü  ext2, kependekan dari extended 2 filesystem, yaitu file sistem utama GNU/Linux, memiliki semua karekteristik dari file sistem Unix yaitu : mendukung file-file spesial (charakter devices, symbolic links,...), permisi file serta kepemilikan dan sebagainya.
ü  FAQ, Frequently Asked Question. Dokumen yang berisi pertanyaan dan jawaban tentang suatu topik tertentu. Sejarahnya, FAQ muncul di newsgroup, kemudian muncul di banyak website dan bahkan beberapa produk komersial memiliki FAQ sendiri.
ü  FAT, File Allocation Table, filesistem yang digunakan oleh DOS dan Windows. Windows 95 ke bawah masing menggunakan FAT 16, kalo Windows 98 dan Me menggunakan FAT 32 (bisa juga FAT 16), sedangkan Windows NT menggunakan NTFS (New Technology File System), Windows 2000 menggunakan NTFS atau NTFS 5. FAT merupakan tabel dari file-file yang berada di dalam harddrive.
ü  FDDI, Fiber Distributed Digital Interface, sebuah lapisan fisik berkecepatan tinggi, yang menggunakan serat optik untuk berkomunikasi. Hanya digunakan untuk jaringan besar, itu karena harganya yang mahal.
ü  FHS, Filesystem Hierarchy Standard, sebuah dokumen yang mengandung petunjuk untuk organisasi file yang saling berhubungan pada sistem Unix.
ü  FIFO, First In, First Out, pemipaan Unix adalah salah satu contoh dari FIFO.
ü  FTP, File Transfer Protokol, adalah protokol standard internet yang digunakan untuk mengirim file-file dari satu mesin ke mesin yang lain.
ü  GFDL, The GNU Free Documentation License, ini adalah lisensi yang berlaku pada dokumentasi Distribusi GNU/Linux.
ü  GIF, Graphics Interchange Format, suatu format file gambar yang digunakan dalam pembuatan web. GIF bisa saja sudah terkompres atau ber-animasi. Karena masalah hak cipta, adalah ide buruk untuk menggunakannya, segera gantikan dengan format PNG.
ü  GNU, GNU's Not Unix, proyek GNU diprakarsai oleh Richard Stallman pada awal tahun 1980 dengan tujuan pada pengembangan suatu sistem operasi yang gratis. Kernel Linux memakai produk dari GNU , diantaranya c compiler (gcc) dan lisensi GNU (GPL).
ü  GPL, General Public License, lisensi dari GNU yaitu tidak melarang untuk menggandakan, merubah dan mendistribusikan program, selama kode sumbernya ikut disertakan. Kernel GNU/Linux yang ditulis oleh Linus Torvalds (dengan dibantu oleh programmer lain di dunia) menggunakan lisensi ini.
ü  GUI, Graphical User Interface, antarmuka grafis ke komputer, memiliki jendela-jendela dengan menu, tombol, ikon dan sebagainya. Sebagian besar orang lebih menyukai GUI dari CLI karena pemakaiannya yang mudah.
ü  HTML, Hypertext Markup Language, bahasa yang digunakan untuk membuat dokumen web.
ü  HTTP, Hyper Text Transfer Protokol, protokol yang digunakan untuk menyambung ke website dan menerima dokumen HTML ataupun data-data.
ü  IDE, Integrated Drive Electronics, bus PC yang digunakan untuk harddisk saat ini. Suatu IDE bus dapat mengandung lebih dari 2 alat dan kecepatan bus dibatasi oleh alat yang memiliki kemampuan antrian data yang lambat (bukan transfer data yang lambat).
ü  IP masquerading, adalah firewall untuk menyembunyikan alamat IP yang sebenarnya dari daerah luar. Pendeknya segala sambungan jaringan dari luar dibuat di luar firewall akan meninggalkan alamat IP firewall. Hal ini sangat berguna dalam situasi di mana kita mungkin memiliki koneksi internet yang cepat dengan hanya satu alamat IP, tetapi menggunakan lebih dari satu komputer yang memiliki alamat IP internal.
ü  IRC, Internet Relay Chat, sebagian kecil standard internet untuk percakapan secara langsung. Membolehkan pembuatan channel, percakapan private dan juga penukaran file. DALnet, Undernet, EFnet adalah sebagian kecil dari server IRC.
ü  IRC channels, adalah "tempat" di dalam server IRC di mana kita dapat mengobrol dengan orang lain. Channels dibuat di server IRC dan user bergabung ke channel itu agar dapat berkomunikasi dengan yang lain.
ü  ISA, Industry Standard Architecture, bus pertama kali yang di gunakan di PC, lebih lambat dibandingkan dengan bus PCI. Beberapa pabrik hardware masih menggunakannya. Sebagian SCSI card (sayangnya) masing menggunakan ISA.
ü  ISDN, Integrated Service Digital Network, suatu standard komunikasi kabel tunggal atau serat optik untuk membawa suara, layanan jaringan digital dan video. Didisain untuk menggantikan sistem telepon saat ini, yang dikenal sebagai PSTN (Public Switched Telephone Network) atau PTOS (Plain Ole Telephone Services). Secara teknik ISDN adalah circuit switched data network.
ü  ISO, International Standards Organization, sebuah grup dari perusahaan, konsultan, universitas dan sumber-sumber lain yang membuat suatu ukuran standard untuk berbagai masalah, termasuk dalam perkomputeran. Contoh : ISO 9660 adalah filesistem yang digunakan oleh CDROM.
ü  ISP, Internet Services Provider, suatu perusahaan yang menjual akses internet kepada pelanggannya, apakah itu melalui kabel telephon ataupun kabel sambungan langsung (leased line) dengan nomor IP tetap.
ü  JPEG, Joint Photographic Experts Group, salah satu format file gambar yang sangat sering digunakan di dalam pembuatan halaman web.
ü  LAN, Local Area Network, suatu jaringan dari mesin-mesin yang saling terhubung satu dengan lainnya melalui kabel fisik.
ü  LDP, Linux Documentation Project, organisasi yang menangani dokumentasi GNU/Linux. Dokumen ini lebih dikenal dengan nama HOWTO, tetapi FAQ dan beberapa buku-buku turut juga mereka tangani.
ü  MBR, Master Boot Record, adalah nama bagi sector pertama dari harddisk yang dapat di boot. MBR berisi kode yang digunakan untuk me-load sistem operasi ke memori atau untuk bootloader (seperti LILO) dan tabel partisi dari harddisk tersebut.
ü  MIME, Multipurpose Internet Mail Extension, yaitu string yang menjelaskan mengenai isi dari suatu file yang dilampirkan di sebuah e-mail.
ü  MPEG, Moving Pictures Experts Group, kompresi standard untuk video dan audio. Sayangnya lisensi format ini sangat terbatas sehingga masih belum ada suatu MPEG players yang Open Source ?.
ü  NCP, NetWare Core Protokol, suatu protokol yang didefinisikan oleh Novell untuk meng-akses Novell NetWare dan printer yang tersambung ke server Novell NetWare..
ü  NFS, Network FileSystems, filesistem jaringan yang diciptakan oleh Sun Mycrosystems untuk membagi file melalui jaringan dalam suatu arah yang transparan.
ü  NIC, Network Interface Controller, adapter yang terpasang di dalam komputer yang menyediakan sambungan fisik ke jaringan, seperti kartu ethernet. NIC juga dikenal dengan LAN Card.
ü  NIS, Network Information Services, NIS juga dikenal sebagai "yellow pages", tetapi British Telecom tetap memegang hakcipta atas nama tersebut. NIS adalah suatu protokol yang didisain oleh Sun Microsystem untuk membagi informasi umum melalui suatu domain NIS, yang dapat menyatukan seluruh LAN, bagian dari LAN atau beberapa LAN. NIS dapat mengekspor database, menyediakan database, informasi-informasi dan banyak lagi.
ü  PAP, Password Authentication Protocol, yaitu protokol yang digunakan oleh ISP untuk membuktikan kebenaran dari klien mereka. Pada bagian ini klien mengirim suatu pengenal/password kembar ke server yang tidak di enkripsi.
ü  PCI, Peripheral Components Interconnect, bus yang dibuat oleh Intel dan merupakan standard bagi bus PC sekarang ini. Selain PC ada juga yang menggunakannya. Ini adalah keberhasilan dari ISA yang menawarkan banyak layanan : pengenalan peralatan, berbagi IRQ, bus mastering dan banyak lagi.
ü  PCMCIA, Personal Computer Memory Card Internasional Association, umumnya disebut orang "PC Card", ini adalah standard untuk kartu eksternal yang ditambahkan ke Notebook seperti modem, harddisk, memory, ethernet card dan banyak lagi.
ü  PNG, Portable Network Graphics, format file gambar yang diciptakan untuk pembuatan halaman web, didesain sebagai pengganti GIF dengan penambahan kemampuan lain. PNG memiliki lisensi yang gratis.
ü  PnP, Plug 'n Play, berfungsi untuk menambahkan informasi konfigurasi peralatan. Seluruh perangkat yang bertipe PCI memiliki fasilitas PnP ini.
ü  POP, Post Office Protocol, protokol umum yang digunakan untuk mendapatkan dan menampung e-mail sehingga kita dapat mendownload-nya terus membaca e-mail tersebut secara offline, penghematan dana ujung-ujungnya :-)
ü  PPP, Point to Point Protocol, ini adalah protokol yang digunakan untuk mengirim data melalui kabel serial. Umumnya digunakan untuk mengirim paket IP ke Internet, tetapi bisa juga untuk protokol lain seperti Protokol Novell IPX.
ü  RAID, Redundant Array of Independent Disk, suatu proyek yang diprakarsai oleh bagian komputer Universitas Barkeley, yaitu suatu metode penyimpanan data yang memungkinkan keamanan (backup) yang lebih baik dan pembacaan/penulisan yang lebih cepat. RAID adalah metode pengganti SCSI yang murah. Untuk menggunakan fasilitas ini pada motherboard harus ada kontroller RAID, kalau tidak ada maka ditambahakan melalui kartu RAID.  Setelah itu RAID baru dapat digunakan bila kita memiliki dua buah atau empat harddisk yang sama besar.
ü  RAM, Random Access Memory, istilah yang digunakan untuk memory fisik komputer. "Random" maksudnya setiap bagian dari memory dapat digunakan secara langsung.
ü  RFC, Request For Comments, RFC adalah dokumen standard resmi internet, dipublikasikan oleh IETF (Internet Engineering Task Force). Jika anda ingin mempelajari bagaimana suatu protokol berkerja, gunakan yang sesuai dengan RFC.
ü  RPM, Redhat Package Manager, suatu format yang dikembangkan oleh Redhat, Inc untuk membuat paket software, RPM banyak digunakan dalam distribusi-distribus GNU/Linux (termasuk SuSE).
ü  SCSI, Small Computer System Interfaces, tidak seperti IDE, SCSI bus tidak terbatas pada kecepatan peralatan. Hanya mesin-mesin kelas atas yang sudah mengandung SCSI secara langsung, untuk PC harus ada penambahan kartu SCSI. Perangkat yang menggunakan SCSI ini harganya jauh lebih mahal dari perangkat yang menggunakan IDE ataupun USB.
ü  SMB, Server Messages Block, protokol yang digunakan oleh komputer untuk berbagi file dan berbagi print melalui jaringan.
ü  SMTP, Simple Mail Transfer Protocol, ini adalah protokol untuk memindahkan e-mail. Agen pemindahan email seperti sendmail atau postfix menggunakan SMTP.
ü  SVGA, Super Video Graphics Array, standard penampilan video yang ditetapkan oleh VESA untuk arsitektur PC. Resolusinya adalah 800 X 600 X 16 (color).
ü  TCP, Transmission Control Protocol, ini adalah protokol paling stabil yang menggunakan IP untuk mengirim paket jaringan. TCP menambahkan pemeriksaan yang penting pada IP untuk memastikan paket itu sudah sampai atau belum. Tidak seperti UDP, TCP berkeja pada mode tersambung, yang artinya dua mesin harus mengadakan sambungan sebelum bertukar data.
ü  URL, Uniform Resource Locator, suatu kalimat dengan format istimewa yang digunakan untuk mengenali suatu sumber di internet dengan cara yang unik. Sumber tersebut bisa berupa file, sebuat server ataupun hal lain. contoh : protocol://server.name[:port]/path/to/resource
ü  Ketika hanya satu nama mesin yang diberikan dan protokolnya adalah http://, maka file yang dibaca adalah index.html di server.
ü  VESA, Video Electronics Standard Association, suatu perkumpulan industri di arsitektur PC. VESA adalah penulis standard SVGA.
ü  WAN, Wide Area Network, jaringan ini memiliki kesamaan dengan LAN yaitu dengan menyambungkan komputer pada jaringan yang secara fisik tidak menggunakan kabel yang sama dan dipisahkan oleh jarak yang jauh. Internet adalah sebagian dari WAN.
ü  account, dalam sistem Unix, yaitu merupakan kombinasi dari nama, direktori pribadi, password dan shell yang membolehkan seseorang untuk nyambung ke sistem tersebut.
ü  alias, mekanisme yang digunakan di dalam shell untuk menggantikan satu kata untuk kata yang lain. Contoh : alias cls=clear Bila anda mengetikkan perintah ini maka yang dilaksanakan shell adalah clear. Agar suatu setting dapat terus digunakan, tambahkan perintah tersebut di /etc/profile (dengan akses root).
ü  arp, Address Resolution Protocol, protokol internet yang secara dinamis memetakan alamat internet ke alamat fisik hardware pada LAN. ARP ini terbatas kepada hardware yang mendukung broadcasting.
ü  assembly language, adalah bahasa program yang sangat dekat dengan komputer, karena itulah disebut bahasa pemrograman tingkat rendah "low level". Assembly memiliki kemajuan kecepatan semenjak program ini ditulis dalam era instruksi prosessor, sehingga tidak memerlukan penerjemah ketika membuat file yang dapat di ekskusi, tetapi memiliki kerugian yaitu memiliki  ketergantungan dengan suatu prosesor atau arsitektur tertentu. Menulis program yang komplek sudah jelas sangat memakan waktu. Jadi assembly adalah program yang cepat, tetapi tidak portable diantara arsitektur.
ü  ATAPI, AT Attachment Packet Interface, yaitu perluasan dari ATA (Advance Technology Attachment, lebih dikenal dengan IDE) yang menyediakan tambahan perintah untuk mengatur driver CDROM dan tape drives. Pengatur IDE yang disediakan dengan ATAPI ini disebut EIDE (Enhanced IDE).
ü  ATM, Asyncronous Transfer Mode, yaitu teknologi pemaketan jaringan yang berorientasi kepada jaringan optik yang berkecepatan tinggi dan multi megabits, sehingga sangat memudahkan pertukaran data dari titik ke titik dengan sangat cepat.
ü  background, dalam konteks shell, yaitu suatu proses yang berjalan di "belakang" sehingga kita dapat menjalankan perintah lain ketika perintah tersebut berjalan.
ü  backup, yaitu menyimpan data yang penting ke media dan tempat yang aman. Backup harusnya dilaksanakan secara teratur, terutama untuk informasi dan konfigurasi file yang sangat penting (direktori utama untuk backup adalah /etc, /home dan /usr/local). Secara tradisional, banyak orang menggunakan tar dengan gzip atau bzip2 untuk membackup direktori-direktori dan file-file. Kita dapat menggunakan tool atau program lain seperti dump dan restore bersama dengan solusi backup yang gratis ataupun yang komersial. Biasanya suatu sistem di back-up ke media tape.
ü  batch, adalah mode pemrosessan di mana pekerjaan diserahkan kepada prosessor dan kemudian prosessor menjalankan mereka satu demi satu sampai mengeksekusi perintah yang terakhir dan siap untuk proses yang lain.
ü  beep, adalah bunyi kecil yang diberikan untuk memperingatkan kita terhadap suatu keadaan tertentu. Beberapa bunyi beep mengandung arti tertentu.
ü  beta testing, adalah nama yang diberikan kepada proses yang digunakan untuk mengetes versi beta dari suatu program. Biasanya suatu program dikeluarkan dalam bentuk versi alpha, beta dan barulah versi fullnya.
ü  bit, BInary digiT, adalah satu digit yang bernilai 0 atau 1.
ü  boot, suatu cara yang dijalankan ketika komputer dihidupkan, di mana peripheral dikenali satu demi satu dan sistem operasi telah ditempatkan di memory.
ü  bootdisk, sebuah (bisa lebih) disket floppy yang berisi sistem operasi. Bootdisk berfungsi untuk menjalankan sistem operasi secara minimal kemudian memperbaiki sistem yang mengalami kegagalan boot
ü  bootloader, adalah program yang fungsinya memberikan pilihan kepada kita untuk memilih sistem operasi mana (kalau lebih dari satu) yang akan di jalankan pada saat boot. Bootloader seperti LiLo (Linux Loader) populer dengan kemampuan itu dan sangat berguna dalam dua atau lebih sistem boot.
ü  buffer, adalah bagian kecil dari memory dengan ukuran yang telah ditentukan, yang dapat bersama dengan file mode block, tabel sistem, suatu proses dan sebagainya. Hubungan dari seluruh buffer di pelihara oleh cache buffer.
ü  buffer cache, suatu bagian yang sangat penting dari sistem kernel, menjaga seluruh buffer tetap diperbaharui, menyusutkan cache ketika dibutuhkan, membersihkan buffers yang tidak dibutuhkan dan banyak lagi.
ü  bug, kesilapan program atau kelakuan yang tidak mengikuti dokumentasi atau tidak mengikuti kehendak program. Bisa juga disebut kesalahan program sengaja atau tidak sengaja. Seringkali, fasilitas/kemampuan baru yang di perkenalkan membawa bugs baru ke dalam program. Sejarahnya, isitilah ini datang dari masa kartu punch (punch card), suatu bug (serangga) terperosok ke lubang punch card dan sebagai akibatnya program mengalami gangguan. Ada Lovelace, yang menemukan ini, menyatakan "it's a bug!" (ini adalah serangga) dan sejak saat itu istilah ini terus dipakai.
ü  byte, delapan bit yang berturutan, diterjemahkan di dalam bilangan basis dua (biner).
ü  case, berbicara tentang kata, case adalah perbedaan antara huruf kecil dan huruf besar (kapital).
ü  case sensitive, membedakan antara huruf kecil dan huruf besar. HurUf tidak sama dengan hURuF atau huruf.
ü  client, program ataupun komputer yang secara berkala tersambung ke program ataupun komputer lain untuk memberikan atau meminta informasi.
ü  client/server system, sistem ataupun protokol yang terdiri dari sebuah server dan sebuah ataupun banyak client.
ü  command line, sesuatu yang disediakan oleh shell dan membolehkan pengguna untuk mengetikkan perintah secara langsung.
ü  compilation, suatu proses dari menterjemahkan sumber kode yang dapat dimengerti manusia dan ditulis dengan bahasa pemrograman kepada file biner yang dapat dimengerti oleh mesin.
ü  completion, kemampuan shell untuk secara otomatis memanjangkan kata menjadi suatu nama file, nama pengguna atau yang lain, selama ada kecocokan.
ü  compression, cara untuk menyusutkan file atau mengecilkan jumlah carakter yang dikirim melalui sambungan komunikasi. Beberapa pengkompres file adalah compress, zip, gzip dan bzip2.
ü  console, nama yang diberikan kepada terminal. Terminal adalah mesin user (layar + keyboard) yang tersambung kepada satu mainframe pusat yang besar.
ü  cookies, file yang ditulis sementara di dalam harddisk local oleh web server. Ini membolehkan server untuk mengetahui informasi user ketika user nyambung kembali (ke server tersebut). Cookie ini dapat menyebabkan lubang keamanan pada PC yang tersambung ke internet.
ü  dependencies, ketergantungan, yaitu bagian dari kompilasi yang membutuhkan sesuatu, sebelum berlanjut ke bagian kompilasi yang lain untuk mensukseskan peng-kompile-an suatu program.
ü  dekstop, jika kamu menggunakan X window, dekstop adalah bagian tempat ikon dan layar di tampilkan. Disebut juga background dan biasanya diisi dengan warna yang sederhana, warna gradient atau bahkan sebuah gambar.
ü  directory, bagian dari struktur filesistem. Di dalam sebuah direktori, bisa saja tersimpanfile-file dan direktory-direktory. Terkadang ada subdirektory di dalam direktory. Jika kita ingin melihat ke dalam direktory yang lain, kita harus berganti atau mendaftarkan ke dalamnya. Direktory special . dan .. adalah direktory itu sendiri dan direktory di atasnya satu tingkat.
ü  distribution, istilah yang digunakan untuk membedakan satu hasil pabrikan GNU/Linux dengan yang lain. Sebuah distribusi dibuat dengan kernel linux dan utiliti-nya, program pemasangan, program pihak ketiga, dan terkadang software dari distribusi itu sendiri.
ü  DLCI, Data Link Connection Identifier, digunakan untuk mengenali sambungan virtual titik ke titik yang unik melalui Frame Relay Network. DLCI biasanya ditandai oleh penyedia Frame Relay Network.
ü  editor, istilah yang umumnya digunakan untuk program yang memeriksa file teks. Yang paling bagus di dalam GNU/Linux adalah GNU Emacs (Emacs) dan editor Unix yaitu Vi(m).
ü  email,  Electronic Mail. Ini adalah cara untuk mengirim pesan secara elektronik antara orang pada jaringan yang sama. Email memerlukan tujuan dan alamat pengirim agar dapat dikirim secara benar. Pengirim harus memiliki alamat seperti "pengirim@pengirim.domain" dan penerima harus memiliki alamat seperti "penerima@penerima.domain". Email adalah metode yang sangat cepat untuk berkomunikasi dan umumnya hanya memerlukan beberapa menit untuk sampai ke tujuan, tanpa memperdulikan di mana lokasinya di bumi ini. Untuk menulis email, dibutuhkan sebuah client email seperti Pine atau mutt yang merupakan text mode atau yang GUI seperti KMail.
ü  environment, kalo berbicara mengenai proses suatu file, ada di dalamnya seluruh informasi yang dibutuhkan sistem operasi untuk mengatur proses dan apa yang dibutuhkan pemroses agar  suatu proses dapat berjalan secara benar.
ü  environment variables, suatu bagian dari lingkungan proses. Environment variables ditampilkan secara langsung dari shell.
ü  escape, pada shell, adalah mengelilingi beberapa kata diantara tanda kutip untuk menghindari shell menterjemahkan kata tersebut. Contohnya, ketika kita perlu untuk menggunakan spasi di dalam beberapa baris perintah dan memipakan hasilnya untuk perintah yang lain, kita harus meletakkan perintah pertama diantara tanda kutip ("escape" the command)  kalau tidak shell akan menerjemahkan dengan salah dan tidak bekerja sesuai dengan yang diharapkan.
ü  filesystem, bagian yang digunakan untuk menyimpan file di dalam media fisik (harddisk, floppy) dengan tetap. Contoh dari filesistem adalah FAT, GNU/Linux ext2fs, iso 9600 (digunakan CDRom) dan sebagainya. Contoh filesistem virtual adalah /proc.
ü  firewall, yaitu suatu mesin atau peralatan di dalam jaringan lokal, yang secara unik merupakan titik untuk nyambung ke jaringan luar, menyaring ataupun memantau aktifitas dari beberapa port, meyakinkan hanya beberapa peralatan khusus yang dapat masuk ke jaringan tersebut.
ü  flag, adalah suatu penunjuk (biasanya sebuah bit) yang digunakan untuk memberitahu beberapa kondisi kepada program. Contohnya : sebuah filesystem memiliki antara lain : penunjuk flag jika dia hendak di backup, jadi ketika flag-nya aktif, filesystem melakukan backup dan ketika tidak aktif maka tidak dilakukan.
ü  foreground, kalo berbicara masalah shell, proses di sebelah depan adalah proses yang sedang berjalan. Kita harus menunggu sampai proses tersebut selesai kalo kita ingin mengetikkan perintah yang baru.
ü  framebuffer, proyeksi dari memory VGA ke dalam alamat mesin. Ini membolehkan aplikasi untuk memasuki memory VGA tanpa harus mengkoordinasikannya dengan VGA. Seluruh VGA kelas akhir menggunakan framebuffer.
ü  frame relay, adalah teknologi jaringan yang idealnya digunakan untuk mengatasi kemacetan data.
ü  full screen, istilah ini digunakan pada aplikasi yang menggunakan seluruh area pada layar.
ü  gateway, sambungan link dua jaringan IP.
ü  hardware address, nomor unik yang mengenali host dalam jaringan fisik pada media access layer. Contoh : Ethernet Address dan AX.25 Addresses.
ü  hidden file, adalah file yang tidak dapat "dilihat" ketika kita laksanakan perintah ls saja. File hidden (sembunyi) dimulai dengan karakter "." dan digunakan untuk menyimpan konfigurasi pribadi untuk setiap program yang digunakannya. Contoh : perintah bash disimpan di ".bash_history".
ü  home directory, terkadang dikenal dengan "home", ini adalah nama untuk direktory pribadi dari user.
ü  host, umumnya digunakan untuk mengenali komputer yang tersambung ke jaringan.
ü  icon, gambar kecil (biasanya berukuran 16x16, 32x32, 48x48 dan terkadang 64x64 pixel) pada lingkungan grafik, pada dokumen ataupun program. Icon biasanya ditemukan pada sistem yang memiliki GUI.
ü  inode, titik masukan yang mengarah ke isi file pada filesystem yang seperti Unix Os. Sebuah inode dikenali dengan nomor, dan mengandung meta-informasi mengenai file tersebut, seperti berapakali di akses, tipenya, ukuran, tetapi tidak namanya.
ü  internet, adalah jaringan sangat-sangat besar yang menyambungkan komputer-komputer di dunia ini. Pada saat anda tersambung ke internet maka anda akan menjadi bagian dari internet.
ü  IP address, adalah alamat berupa nomor yang terdiri dari empat bagian yang fungsinya untuk mengenalkan komputer di dalam jaringan komputer. Sebuah alamat IP memiliki struktur yaitu : domain nasional, domain, subdomain dan alamat pribadi dari komputer itu. Sebuah alamat IP terlihat seperti contohnya : 192.168.0.1. Alamat mesin tersebut bisa saja satu dari tipe : statis atau dinamis. Alamat IP Statis adalah alamat yang tidak pernah diganti, bisa dikatakan permanen. Dinamis IP menyatakan bahwa alamat IP tersebut akan berubah setiap kali nyambung ke jaringan. Dial up dan modem Kabel biasanya menggunakan alamat IP dinamis sedang DSL dan sambungan cepat lainnya (leased line) menggunakan alamat IP statis.
ü  ISO 8859, ISO 8859 di dalamnya ada beberapa 8-bit extension karakter set ASCII. Terutama yang penting adalah ISO 8859-1 (Latin Alphabet No. 1) yang telah di gunakan secara luas dan sudah terlihat sebagai pengganti dari standard ASCII. ISO 8859-1 telah mendukung bahasa-bahasa ini : Afrika, Basque, Danish, Belanda, Inggris, Faroese, Finlandia, Prancis, Galician, Jerman, Irlandia, Italia, Norwegia, Portugis, Scotlandia, Spanyol, Swedia dan tentunya Indonesia :-) Sebagai catatan, ISO 8859-1 adalah 256 karakter pertama dari ISO 10646 (Unicode), Bagaimanapun ISO 8859-1 tidak memiliki karakter (mata uang) Euro dan belum mendukung secara penuh terhadap bahasa Findlandia dan Prancis. ISO 8859-15 adalah modifikasi dari ISO 8859-1 yang telah memperbaiki kekurangan tersebut.
ü  kernel, yaitu isi perut dari sistem operasi. Kernel bertanggung jawab untuk menyediakan sumber dan memisahkan proses masing-masing. Menangani seluruh operasi tingkat rendah yang membolehkan program untuk berbicara secara langsung kepada hardware komputer, mengatur buffer cache dan sebagainya.
ü  launch, adalah aksi dari memulai suatu program.
ü  library, kumpulan dari tata cara dan fungsi pada bagian biner untuk digunakan oleh programmers pada program mereka (selama library membolehkannya). Program yang mengisi pembebanan library yang berjalan secara terus menerus di sebut dengan dynamic linker.
ü  linkage, bagian akhir dari proses kompilasi, yaitu menghubungkan seluruh file objek untuk membuat sebuah file ekskutabel (dapat dijalankan) dan menyamakan symbol yang bermasalah dengan dynamic libraries (kecuali sebuah linkage statis di minta, dalam kasus ini kode dari symbol tersebut akan dimasukkan di dalam file ekskutabel tersebut).
ü  Linux, adalah sistem operasi seperti Unix yang berjalan pada komputer yang bervariasi dan bebas dari bayaran untuk menggunakan dan mengubahnya. Linux (kernel) ditulis oleh Linus Torvalds dibantu oleh simpatisan dari seluruh penjuru dunia.
ü  Login, nama sambungan untuk user pada sistem Unix, termasuk tindakan untuk menyambung.
ü  loopback, peralatan virtual jaringan dari suatu mesin. Nomor IP-nya 127.0.0.1
ü  major, nomor khusus untuk klas device.
ü  manual page, dokumen spesial yang berisi penjelasan dari perintah dan kegunaannya. Hal pertama yang harus dipelajari saat mendengar perintah yang tidak kita diketahui adalah halaman manual tersebut. Caranya ketikkan : man perintah
ü  mounted, sebuah perlatan dikatakan telah di mount apabila ia sudah di lampirkan ke filesistem GNU/Linux. Ketika kita me-mount suatu perlatan kita dapat melihat isinya. Istilah ini merupakan bagian dari fasilitas supermount yaitu user tidak perlu lagi me-mount suatu perlatan secara manual.
ü  mount point, adalah lokasi di mana suatu partisi atau peralatan lain di lampirkan ke filesistem GNU/Linux. Contoh : CDRom biasanya di mount ke direktori /mnt/cdrom. Dari direktori inilah kita dapat melihat isi CDRom tersebut.
ü  MSS, Maximum Segment Size adalah data berjumlah besar yang dapat di kirimkan pada suatu saat.
ü  MTU, Maximum Transmition Unit adalah parameter yang menetapkan paket yang paling besar yang dapat di transmisikan oleh IP tanpa perlu dipecah menjadi kecil-kecil. MTU harusnya lebih besar dari paket yang paling besar yang dapat di kirimkan tanpa dipecah. Biasanya nilainya adalah 1500 byte untuk kartu LAN atau 576 byte untuk kartu SLIP.
ü  multitasking, adalah kemampuan Sistem operasi untuk membagi beban CPU untuk melaksanakan beberapa proses. Pada tingkat rendah, ini juga dikenal dengan multiprogramming. Berpindah dari satu proses ke proses lain membutuhkan seluruh proses tersebut disimpan terlebih dahulu baru di datangkan kembali ketika proses tersebut terpilih kembali. Operasi ini disebut berpindah konteks (context switch), pada mesin Intel hal ini dapat dilaksanakan 100 kali dalam sedetik; makanya pengguna beranggapan bahwa sistem operasi menjalankan beberapa proses dalam sekali jalan. Ada dua tipe dari multitasking : preemptive multitasking yaitu di mana sistem operasi bertanggung jawab untuk membawa CPU dan melepaskannya untuk proses yang lain, cooperative multitasking adalah di mana proses tersebut yang mengembalikan CPU. Variasi pertama adalah pilihan terbaik karena tidak ada program yang membutuhkan seluruh CPU dan menghalangi proses yang lain. GNU/Linux memiliki metode preemptive multitasking. Pengaturan untuk memilih proses yang mana yang harus berjalan, tergantung pada beberapa pilihan disebut dengan schedulling (penjadwalan).
ü  multiuser, adalah sistem operasi yang membiarkan banyak pengguna untuk masuk dan menggunakan sistem pada waktu yang bersamaan, masing-masing bisa melaksanakan pekerjaan mereka secara bebas tanpa tergantung pada pengguna yang lain. Sebuah sistem operasi yang multitasking perlu mendukung multiuser. GNU/Linux memiliki multitasking dan multiuser, sebagaimana sistem Unix dan klonnya.
ü  newsgroup, daerah diskusi dan berita yang dapat di masuki oleh berita ataupun klient USENET untuk membaca dan menulis pesan khusus terhadap topik dari newsgroup. Contoh : newsgroup alt.os.linux adalah newsgroup alternatif yang berhubungan dengan sistem operasi GNU/Linux. Newsgroup dibuat untuk dapat di capai dengan mudah untuk topik-topik yang tertentu.
ü  null, character, karakter atau bite 0, yang digunakan untuk menandai akhir dari suatu string.
ü  object code, adalah kode yang dihasilkan dari proses kompilasi yang di hubungkan dengan object code dan librari yang lain untuk membentuk file executable. Object code hanya dapat dibaca mesin.
ü  on the fly, terkadang disebut sebagai selesai dengan "on the fly" ialah ketika sesuatu telah dilaksanakan bersama dengan yang lain, tanpa ada pemberitahuan kepada kita sebelumnya.
ü  open sources, adalah sumber kode gratis dari suatu program yang sengaja dibuat untuk komunitas pengembang dan masyarakat luas. Teory dibelakang open sources adalah membiarkan source code untuk digunakan dan di rubah-rubah oleh programmer-programmer yang dapat menghasilkan produk yang lebih berguna bagi setiap orang. Beberapa program open sources adalah apache, sendmail dan tentunya kernel Linux.
ü  operating system, program yang posisinya berada diantara aplikasi dan lapisan hardware. Pekerjaan utama dari sistem operasi adalah mengatur seluruh sumber-sumber mesin dan sebagai penterjemah keinginan manusia agar diketahui oleh mesin. Pada GNU/Linux, hal ini dilakukan oleh kernel dan modul-modul yang dapat di-load secara bebas.
ü  password, kata rahasia atau kombinasi dari karakter-karakter yang digunakan untuk mengamankan sesuatu. Password digunakan untuk login ke sistem operasi yang multiuser, ke website, FTP site dan lain-lain. Password harus benar-benar rumit dan sebaiknya tidak berdasarkan kata-kata yang terdapat di dalam kamus. Password memastikan orang lain tidak dapat masuk ke komputer ataupun akses lain dengan menggunakan account yang bukan miliknya.
ü  patch, to patch, file yang mengandung perbaikan-perbaikan, kemampuan-kemampuan baru, menghilangkan kesalanan (bugs), atau merupakan perubahan dari program tersebut.
ü  path, adalah penanda untuk file dan direktory pada filesistem. Perbedaan dari path adalah dipisahkan oleh garis miring "/". Ada dua tipe path pada sistem GNU/Linux. Path relative adalah posisi file ataupun direktori yang berhubungan dengan direktori itu. Path absolute adalah posisi file ataupun direktori yang berhubungan dengan direktori root.
ü  pipe, tipe file Unix yang istimewa. Sebuah program menulis data ke pipa dan yang lain membaca data pada ujung pipa. Pemipaan Unix adalah FIFO, jadi data dibaca pada satu ujung dan ujung lain mengirimkannya.
ü  pixmap, adalah singkatan untuk pixel map.
ü  plugin, program tambahan yang digunakan untuk menampilkan atau memainkan beberapa file multimedia yang ditemukan di dalam halaman web. Plugin dapat diperoleh dengan men-download-nya apabila browser yang kita miliki tidak mempunyai plugin tersebut.
ü  porting, program yang diterjemahkan agar dapat digunakan pada sistem yang bukan sistem aslinya, ataupun kepada sistem yang mirip-mirip. Contoh : agar program-program yang berjalan di M$ Windows dapat berjalan di GNU/Linux, maka program tersebut harus di porting ke sistem GNU/Linux.
ü  preprocessor, kompilasi yang memerintahkan kompiler untuk menimpa kode pada bahasa pemrograman yang digunakan pada file sumber. Contoh dari c preprosessor adalah #include, #define dll.
ü  process, adalah program yang sedang dijalankan di dalam lingkungannya.
ü  prompt, string sebelum kursor. Ketika kita dapat melihatnya maka kita dapat mengetikkan perintah di situ.
ü  protocol, mengatur komunikasi antara mesin-mesin yang berlainan jenis sepanjang jaringan, selain menggunakan hardware ataupun software. Protokol menetapkan format dari data yang bisa ditukarkan. Beberapa protokol yaitu : HTTP, FTP, TCP dan UDP.
ü  proxy, suatu mesin yang berada diantara jaringan dan internet, yang fungsinya untuk meningkatkan pertukaran data untuk protokol-protokol yang umum (HTTP atau FTP). Proxy memelihara cache dari permintaan sebelumnya, yang mengatasi biaya dari meminta file yang telah pernah diminta sebelumnya. Proxy sangat berguna pada jaringan yang bandwithnya rendah (seperti koneksi modem). Terkadang proxy merupakan satu-satunya mesin yang dapat masuk ke jaringan luar.
ü  quota, adalah cara untuk menghalangi penggunaan disk dan membatasi pengguna. Adminstrator dapat mengatur/membatasi ukuran dari direktori home user dengan mangatur quota-nya.
ü  regular expression, suatu tool yang secara teoritis sangat kuat, digunakan untuk mencari dan mencocokkan kata. Banyak utilitas Unix yang menggunakan ini : sed, grep, Perl dan lain-lain.
ü  root, adalah penguasa dari setiap sistem Unix. Umumnya root (atau administrator) adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk memelihara dan mengawasi sistem Unix. root juga memiliki hak akses yang penuh ke seluruh tempat di dalam system.
ü  root directory, adalah tingkatan direktory yang paling tinggi pada sistim. Direktory root ditandai dengan '/'.
ü  route, adalah jalan untuk paket melalui jaringan untuk mencapai tujuannya. route adalah jalan diantara satu mesin dan mesin lain di dalam jaringan.
ü  script, shell script adalah rangkaian perintah yang akan di jalankan seperti jika perintah tersebut dimasukkan satu persatu dari prompt. Shell script pada Unix sama dengan file batch pada DOS.
ü  security levels, adalah tingkatan dari keamanan yang mengizinkan kepada kita untuk mengatur sejauh mana keamanan mesin yang kita miliki.
ü  server, program atau komputer yang menyediakan fasilitas atau layanan untuk menjalankan perintah atau memberikan informasi yang dibutuhkan oleh klien.
ü  shadow passwords, suatu password yang bagus pada sistim Unix yang mengandung enkripsi yang tidak dapat dibaca oleh manusia, kalau password biasa masih dapat dibaca oleh manusia.
ü  shell, shell adalah antar muka dasar ke sistem operasi dan menyediakan baris perintah di mana user masukkan perintah untuk menjalankan program dan perintah sistim. Seluruh shell menyediakan bahasa script yang dapat digunakan untuk meng-otomatisasikan pekerjaan atau untuk menyingkatkan pekerjaan yang rumit. Beberapa contoh shell adalah bash, sh dan tcsh.
ü  single user, istilah yang digunakan untuk sebuah sistem operasi yang hanya membolehkan seorang pengguna untuk masuk ke sistim dan menggunakannya pada satu saat.
ü  socket, tipe file yang berhubungan dengan sambungan jaringan apa saja.
ü  streamer, suatu alat yang "streams" (tidak terhentikan atau tidak dibagi menjadi potongan-potongan kecil) dari karakter seperti yang kita masukkan. Streamer yang biasa adalah sebuah tape drive.
ü  switch, switch digunakan untuk mengganti perkerjaan program, juga disebut pilihan dari baris perintah atau argumen. Untuk menentukan apakah sebuah program memiliki pilihan, bacalah halaman manual atau masukkan --help ke program. Contoh : program --help.
ü  symbolic links, file istimewa, tidak berisi apa-apa tetapi memiliki hubungan ke file yang lain. Setiap akses ke file symbolic links adalah sama seperti meng-akses file yang namanya berhubungan dengan file tersebut.
ü  target, objek kompilasi, seperti file biner yang telah di keluarkan oleh kompiler.
ü  telnet, membuat sambungan ke remote host dan membiarkan kita untuk masuk ke mesin, menyediakan account untuk kita. Telnet adalah metode yang paling banyak digunakan untuk remote login, walaupun ada alternatif yang jauh lebih baik seperti ssh (secure shell). Telnet sendiri tidak menggunakan enkripsi pada data-data yang dikirimkan, sehingga sangat mudah membaca file yang ditransfer melalui telnet (kalo tahu caranya..:-)
ü  username, adalah nama atau kata yang digunakan untuk mengenali pengguna di dalam sistim. Setiap username mengandung satu UID (User ID) yang unik.
ü  virtual console, adalah nama yang diberikan untuk terminal. Pada sistem GNU/Linux, kita memiliki virtual konsol yang mengizinkan kita untuk menggunakan satu layar dari monitor untuk bagian-bagian yang berjalan secara bebas. Umumnya kita memiliki 6 virtual console yang dapat di capai dengan menggunakan ALT - F1 sampai dengan ALT - F6, ALT - F7 akan memasukkan kita ke mode X Window. Setelah berada di X Window kita dapat kembali ke mode text dengan menekan CTRL - ALT - F1 sampai dengan F6.
ü  virtual desktops, pada sistim X Window, window manager menyediakan kepada kita beberapa desktop, kita dapat memiliki sampai dengan 4 virtual desktop secara umumnya.
ü  wildcard, tanda '*' dan '?' digunakan sebagai karakter wildcard dan dapat mewakili apapun. Tanda '*' mewakili karakter apa saja, termasuk tidak ada karakter. Tanda '?' mewakili satu karakter. Wildcard sering digunakan pada regular expression.
ü  window manager, program yang bertanggung jawab untuk "look and feel" dari lingkungan grapik, window bar, frame, tombol, shortcut keyboard. Tanpa window manager adalah tidak mungkin untuk memiliki virtual desktop.


Source: 
 http://situsbelajarlinux.blogspot.com/2011/12/istilah-istilah-dalam-linux.html

1 comments:




Share